Sabtu, 30 Mei 2015

segmentasi pasar

SEGMENTASI PASAR

A.    Pengertian segmentasi pasar
Adalah kegiatan membagi pasar yang heterogen kedalam satuan – satuan pasar yang bersifat homogen.
Misalnya : Membagi pasar pakaian, mana pasar pakaian pria, wanita, dan anak – anak.

B.     Tujuan segmentasi pasar
1.      Untuk membedakan produk (produk deffertiation).
2.      Untuk memilih dan menempatkan pasar sasaran / target pasar yang dipilih sehingga kegiatan program pemasukan akan efektif.

C.    Syarat – syarat segmentasi pasar
1.      Dapat terukur (Measurability)
Adalah sejauh mana besarnya pasar dan daya beli segmen pasar dapat diukur.
2.      Dapat terjangkau (Accessibility)
Ialah sajauh mana dapat dicapai dan dilayani secara efektif.
3.      Besarnya (substability)
Ialah sejauh mana segmen ini dapat menguntungkan.
4.      Dapat dilaksanakan (Actionalbility)
Ialah seberapa jauh program – program pemasaran dapat dirancang untuk menarik segmen pasar.

D.    Variabel – Variabel utama untuk pasar
àKonsumen
1.      Geografi          : Membagi sesuai wilayah, daerah, kota.
2.      Demografi       : Membagi sesuai usia, jenis kelamin, agama, ras.
3.      Psikografis      : Gaya hidup, kepribadian.
4.      Prilaku             : Sikap terhadap produk, manfaat, statut pemakaian, status pembelian, status kesetiaan.

àProdusen
1.      Demografi                               : Industri, ukuran perusahaan, lokasi.
2.      Variabel operasi                      : Teknologi, status pemakaian, kemampuan pelanggan.
3.      Pendekatatan pembelian         : Organisasi fungsi pembelian, Struktur kekuatan, Hubungan pembelian, Kebijakan pembelian.

E.     Ada 3 strategi melayani / peliputan pasar, yaitu :
1.      Pemasaran serba sama (Undifferentiated marketing)
Suatu program pemasaran yang mengabaikan perbedaan dan mengikuti seluruh pasar hanya dengan satu tawaran produk atau jasa. tujuannya untuk menghemat biaya.
2.      Pemasaran serba aneka (Differentiated marketing)
Merupakan suatu program pemasaran yang berbeda – beda pada setiap segmen. Dengan bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan meuatkan posisi pada setiap segmen pasar.
3.      Pemasaran terpusat (Concetraced marketing)
Suatu program pemasaran yang memfokuskan pasar pada satu wilayah atau menempatkan posisinya pada pembelian yang paling menguntungkan saja. Tujuannya karena sumber dayanya terbatas dan tidak mampu melayani banyak pembeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar